Kanal Pengetahuan Jadi Langkah UGM Share Pengetahuan Pada Warga
Pendidikan

Kanal Pengetahuan Jadi Langkah UGM Share Pengetahuan Pada Warga

Yogyakarta Jadi perguruan tinggi dengan kekayaan disiplin pengetahuan terluas di Indonesia, UGM berusaha menerapkan semangat universitas inklusif. Berarti, pengetahuan serta info yang ada di UGM tidak cuma punya masyarakat UGM saja, tetapi dapat dibuka oleh semua warga.

Lewat situs ugm.ac.id. tiap orang dapat melihat content berita, pendidikan, riset, dedikasi, menara pengetahuan, dokumenter, dan seni serta budaya yang diupload di kanal pengetahuan semasing fakultas. Tiap bulan, semasing fakultas mengupload dua sampai tiga content.

UGM yang dibangun 70 tahun waktu lalu dikasih amanat untuk meningkatkan diri jadi balai nasional ilmu dan pengetahuan serta kebudayaan yang mengadakan pendidikan tinggi berdasar Pancasila untuk kebutuhan kemanusiaan serta perubahan bangsa Indonesia. Oleh karenanya, UGM dituntut untuk tingkatkan kualitas serta kaitan pendidikan tinggi yang adaptif serta responsive dalam pecahkan masalah bangsa dan berperan tingkatkan kompetensi sdm (SDM) untuk daya saing bangsa.

“Salah satunya ditranslate dengan sediakan beberapa sumber pengetahuan buat warga melalui kanal pengetahuan yang telah ditingkatkan semenjak 2016,” tutur Hatma Suryatmojo, Kepala Pusat Pengembangan serta Analisis Akademik (PIKA) UGM, Selasa (17/12/2019).

Baca juga : Pelatih Aston Villa Heran Bisa Bobol 5 Gol

Menurut Hatma, tidak hanya jadi fasilitas untuk bagikan pengetahuan pada warga biasa, kanal pengetahuan jadi fasilitas evaluasi mahasiswa UGM. Ini searah dengan taktik meningkatkan pengembangan evaluasi di universitas lewat muatan paparan kompetensi global dan evaluasi berbasiskan visual atau visual based learning.

Bukan sekedar kanal pengetahuan, kampus yang punya 18 fakultas, dua sekolah, serta lebih dari 250 program studi ini punya kanal TV UGM atau UGM Kanal yang dapat dilihat dengan cara langsung melalui kanal.ugm.ac.id. Dia mengharap lewat beberapa media yang dipunyai UGM, warga diinginkan bisa terhubung content yang memberikan inspirasi serta berikan motivasi.

Loyalitas UGM sediakan pendidikan inklusif buat penyandang disabilitas ini dibuktikan dengan terima mahasiswa difabel. Sekarang ada 14 mahasiswa difabel yang sedang mengakhiri studinya. Cukup banyak , mahasiswa difabel yang sukses lulus secara baik serta cetak pretasi di arena internasional.

Diantaranya, Muhammad Fahmi Husaen. Mahasiswa kelahiran 22 tahun yang lalu ini punya terbatasnya fisik sebab menderita Duchne Muscular Distropy (DMD). Dia tidak dapat berjalan semenjak kelas 4 SD.

Meski begitu, alumni D3 Prodi Computer serta Skema Info Sekolah Vokasi ini sukses menyapu beberapa prestasi pada tingkat nasional sampai internasional. Prestasi-prestasi yang diraihnya, diantaranya,Special Mention Indonesia ICT Award 2013, Medali Perak OSN Karya Ilmiah Inklusi 2015, Finalis Toyota Eco Youth 2016, Top 5 Desain Mucle Car Indonesia Electric Car Desain Contest 2018, Nominasi Samsung Global Startup Acceleration Program 2018, Medali Emas Minggu Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 31 kelompok Presentasi serta Poster 2018, serta Delegasi Sekolah Vokasi dalam The Internasional Seminar of Technology Sustainbility 2018. Dia mendapatkan penghargaan Pemuda Difabel Berprestasi dalam Karunia Kepemudaan 2019 dari Kementerian Pemuda serta Olahraga.

“UGM akan membangun mendirikan Unit service Disabilitas yang fokus pada service serta suport akses pada 2020 yang searah dengan misi untuk sediakan pendidikan yang inklusif buat tiap golongan,” sebut Hatma.

One Reply to “Kanal Pengetahuan Jadi Langkah UGM Share Pengetahuan Pada Warga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *