Keadaan Orang Yang Butuh Pasang Ring Jantung
Kesehatan

Keadaan Orang Yang Butuh Pasang Ring Jantung

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto minta rumah sakit untuk kurangi mekanisme pemasangan ring jantung bila belum sesuai analisis. Menurut Terawan, rumah sakit sering memberikan referensi pemasangan ring serta membuat ongkos BPJS Kesehatan membengkak.

Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) menerangkan ada beberapa keadaan jantung yang butuh pemasangan ring atau stent.

“Pemasangan ring harus lewat tanda-tanda serta kontrol tersendiri oleh dokter spesialis jantung serta pembuluh darah. Tidak dapat berdasar referensi dokter atau rumah sakit saja atau keinginan pasien,” kata Ketua Departemen Info Komunikasi serta Dedikasi Warga PP PERKI dokter Sony Hilal pada windows8productkeyso.com, Senin (25/11).

Sony menyebutkan ada dua tanda-tanda keadaan yang membutuhkan pemasangan ring jantung. Pertama, pasien yang mempunyai serangan jantung kronis. Keadaan ini membuat pasien ada dalam genting hingga harus selekasnya dipasangi ring jantung untuk kurangi tanda-tanda serta kesakitan.

Keadaan ini mencakup serangan jantung tiba-tiba dengan deskripsi rekaman kegiatan jantung atau elektrokardiogram (EKG) dengan ST Elevasi. Ada juga keadaan serangan jantung tiba-tiba tanpa ada deskripsi EKG ST elevasi, tetapi mempunyai kenaikan enzim troponin.

Baca juga : Tidak Hanya Lezat, Terong Nyatanya Banyak Faedahnya Untuk Kesehatan

Ke-2, ring jantung butuh dipasang pada pasien dengan keadaan jantung yang mempunyai iskemia atau kekurangan supply oksigen. Keadaan ini dibuktikan dengan beberapa kontrol. Biasanya, pasien ini telah mempunyai penyakit arteri koroner dengan penyempitan pembuluh darah.

“Ini adalah dua barisan besar yang membutuhkan tanda-tanda pemasangan ring. Jika tidak dipasang, bisa meneror jiwa,” sebut Sony yang praktik di Rumah Sakit Kampus Indonesia (RSUI).

Menurut Sony, pemasangan ring jantung pada keadaan itu bisa menahan kematian serta melakukan perbaikan kualitas hidup pasien. Keluhan berbentuk ngilu dada bisa alami penurunan hingga pasien bisa lebih produktif.

Untuk kurangi pemasangan ring jantung pada warga, Sony menyebutkan warga harus memperhatikan kesehatan jantung. Kesehatan jantung bisa dijaga dengan pola hidup sehat seperti makanan imbang, olahraga, serta tidak merokok. Jaga cholesterol serta tekanan darah dapat menahan penyakit jantung.

One Reply to “Keadaan Orang Yang Butuh Pasang Ring Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *