Kelainan Vaginismus, Bikin Wanita Jadi Tidak Nafsu Bercinta
Kesehatan

Kelainan Vaginismus, Bikin Wanita Jadi Tidak Nafsu Bercinta

Sejumlah besar pasangan tidak dapat lakukan penetrasi waktu berhubungan seks sebab alami vaginismus. Keadaan ini bisa mengakibatkan infertilitas serta turunkan kualitas hidup wanita.

Vaginismus jadi satu diantara type disfungsi seksual yang dirasakan kaum wanita. Keadaan ini berlangsung waktu organ intim wanita tertutup beberapa atau semuanya, hingga membuat alat kelamin pria tidak dapat lakukan penetrasi.

Pakar kandungan serta kebidanan, Ni Komang Yeni menjelaskan, vaginismus jadi masalah seksual yang seringkali berlangsung pada wanita. Di dunia, seputar 5-17 % wanita alami keadaan ini.

“Banyak pasien saya yang alami vaginismus yang dapat mengakibatkan infertilitas ataukah tidak dapat punyai anak,” tutur Yeni di Jakarta, waktu lalu.

Vaginismus bisa menyerang wanita dari semua umur yang telah aktif dengan seksual. Pada beberapa masalah, wanita alami vaginismus waktu masuk waktu menopause. Pada saat ini, kandungan estrogen turun hingga pelumasan serta fleksibilitas organ intim kewanitaan turut alami penurunan.

10 Manfaat Air Tebu untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Yeni menerangkan, vaginismus bermula dari kontraksi otot pada organ intim kewanitaan yang berlangsung terlalu berlebih. Akhirnya, muncul rasa ngilu yang benar-benar mengganggu waktu berhubungan seks.

Kontraksi otot, kata Yeni, seringkali tidak diakui, tidak bisa dikontrol, serta berlangsung dengan terus-terusan atau berulang-ulang. Kontraksi otot berlangsung pada sepertiga sisi luar organ intim kewanitaan–atau beberapa ruang perineum–hingga otot levator ani serta otot pubococcygeus.

“Dalam keadaan ini, penetrasi akan berasa seperti menabrak dinding serta memunculkan rasa ngilu pada ke-2 pasangan. Tidak hanya alat kelamin, penetrasi dengan satu jari, masukkan tampon, serta virabtor ke organ intim kewanitaan susah,” papar Yeni.

Pemicu Vaginismus

Yeni menerangkan, vaginismus bisa dikarenakan oleh unsur fisik serta psikologis.

Dengan fisik, vaginismus bisa dikarenakan oleh infeksi yang berlangsung pada wilayah genitalia. Atau, keadaan ini dapat karena disebabkan terdapatnya cedera di jalan lahir yang dikarenakan oleh trauma karena kecelakaan atau waktu melahirkan.

Dengan psikolois, vaginismus bisa berlangsung sebab minimnya rasa yakin diri serta tidak berhubungan seks dalam tempo yang panjang. Diluar itu, trauma psikis yang terkait dengan kekerasan seksual berperan menyebabkan keadaan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *