NASA Gelar Persaingan Berikan Nama Rover Mars, Mari Turut
Sains

NASA Gelar Persaingan Berikan Nama Rover Mars, Mari Turut

Kampanye untuk memberikan nama rover atau robot pelacak Mars Rajapoker punya NASA, sekarang sedang berjalan. Pada 27 Agustus 2019, tubuh antariksa Amerika Serikat itu mulai minta siswa-siswi K-12 di semua Amerika Serikat untuk berperan serta.

Beberapa murid disuruh untuk memberi nama buat rover baru Planet Merah yang sekarang diketahui jadi Mars 2020.

Kontes itu berjalan sampai 1 November 2019. Nanti, juara akan diundang untuk hadiri peluncuran rover itu di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral Florida pada Juli 2020.

Baca juga : 13 Tahun Tereliminasi, Ini Fakta Pluto Wajar Disebutkan Jadi Planet

“Persaingan ini ialah peluang buat pemuda bangsa kita untuk terjebak langsung dengan misi-misi NASA ke Bulan serta ke Mars,” kata Administrator NASA, Jim Bridenstine, dalam satu pengakuan yang diambil dari Ruang.com, Jumat (30/8/2019).

Siswa yang berperan serta dalam lomba ini harus mengirim esai pendek (maximum 150 kata) yang menerangkan kenapa NASA harus pilih nama itu untuk rover seukuran mobil itu.

“Esai akan dibagi jadi tiga barisan, berdasar tingkat kelas: K-4, 5-8 serta 9-12, serta dipandang berdasar keselarasan, signifikansi serta orisinalitas dari nama yang diserahkan, dan kualitas esai, serta atau presentasi interviu finalis,” tutur petinggi NASA.

Lima puluh dua semifinalis akan diambil per group, semasing sebagai wakil negara sisi atau daerah di AS. Tiga finalis selanjutnya akan diambil dari semasing group untuk maju ke set final.

One Reply to “NASA Gelar Persaingan Berikan Nama Rover Mars, Mari Turut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *