Negara China Ciptakan Bulan Palsu Untuk 30 Tahun Kedepannya
Sains

Negara China Ciptakan Bulan Palsu Untuk 30 Tahun Kedepannya

Masih ingat dengan gagasan China untuk bikin Bulan tiruan? Sesudah cuma dikatakan sebagai ‘satelit yang dapat memantulkan sinar Matahari’, sekarang bentuk sebetulnya dari Bulan artifisial telah didapati, yakni panel surya luar angkasa, atau ruang solar plant (SSP).

Project ini pasti benar-benar ambisius. Potensinya membuat dikatakan sebagai sumber daya terbarukan paling besar serta bisa penuhi keperluan listrik semua manusia menurut National Ruang Society (NSS). Beberapa periset juga berasumsi jika SSP akan mahal.

Walaupun begitu, dua tahun kemarin, pemerintah China telah punya niat untuk berinvestasi besar untuk sumber daya terbarukan, mencakup tenaga matahari, angin, air, serta nuklir, pada 2020. Nilainya juga tidak bermain-main, yakni 2.5 triliun yuan, atau sekarang berharga Rp 5.271 triliun.

China Aerospace Science and Technology Corporation, alias tubuh antariksa punya pemerintah Negeri Gorden Bambu, mengharap SSP itu bisa bekerja pada 2050.

Bermakna, perlu 30 tahun buat panel surya luar angkasa itu untuk bekerja sesudah dikeluarkan, mengingat China merencanakan mengirimnya ke orbit pada 2020.

Baca juga : 5 Misteri Luar Angkasa yang Masih Menjadi Pertanyaan Bagi Ilmuan di Dunia

Untuk membangunnya, semua elemen yang diperlukan, dari mulai panel serta tehnologi untuk mentransmisikan daya, akan dilemparkan ke luar angkasa. Mereka akan dipasang disana, mungkin ini yang membuat perlu waktu sampai siap dipakai.

Gagasannya, dia akan diletakkan di orbit geostationer yang ada 36.000 km di atas Bumi. SSP itu akan kirim daya, entahlah itu memiliki bentuk laser atau gelombang mikro, ke Bumi serta diubah jadi tenaga listrik agar dialokasikan lewat SUTET. Stasiun penerima daya dari SSP tersebut dibuat di Xian, Propinsi Shaanxi, China.

Beberapa pakar memprediksi, SSP itu akan besar sekali. Sekurang-kurangnya, untuk membuahkan daya sebesar 1 gigawatt, karena itu ukurannya bisa sampai 2 km. persegi, atau seputar 4 kali luas Britania Raya.

Ini jadi logis dengan klaim awalnya yang menyebutkan Bulan artifisial itu akan delapan kali lebih jelas dari satelit Pengeluaran Sgp alami Bumi sungguhan. Ongkos listrik yang bisa dihemat juga dapat sentuh angka 1,2 miliar yuan.

Menarik untuk dinanti apa China betul-betul dapat wujudkan Bulan tiruan dalam kurun waktu seputar 3 dekade

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *