Rektor IPB Bijak Satria: Universitas Harus Demokratis
Pendidikan

Rektor IPB Bijak Satria: Universitas Harus Demokratis

Rektor IPB University Bijak Satria menjelaskan, kebebasan akademik adalah satu bentuk demokrasi dengan makro. Menurutnya, universitas dituntut demokratis. Karena, sambung Bijak, universitas di besarkan dengan beberapa cara yang demokratis.

Ia mengemukakan hal tersebut dalam Bijak refleksi akhir tahun bertopik Kebebasan Akademik serta Transformasi Demokrasi di kantor DPP Perkumpulan Pergerakan Berkebangsaan (PGK) lokasi Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (27/12). Yang diagungkan ialah rasionalitas serta ekspresi apa saja selama penuhi standard rasionalitas memungkinkan di universitas. Disini yang memperbedakan demokrasi di universitas dengan demokrasi dengan makro di luar universitas,” tutur Bijak.

Baca juga : Donald Trump Bikin Hebih “Iran Akan Bombartir Kedubes AS di Irak”

Menurut Bijak, adat demokratis dengan ciri kebebasan akademik itu membuat universitas punya ciri inti logis. Rasionalitas universitas, sambung Bijak, jadi pembentuk watak universitas yang berdiri sendiri. Ia memberikan tambahan, independensi itu yang selanjutnya membuat universitas semakin berharga ataukah tidak.

Semakin berdiri sendiri satu universitas, berarti makin mengagungkan rasionalitasnya. Sebaliknya, semakin tidak berdiri sendiri satu universitas, berarti semakin ditanggalkan serta ditukar dengan ikatan kebutuhan seperti berlaku di dunia politik praktis,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *